Relawan Deklarasi Dukung Jokowi di Sabang-Merauke-Miangas-Rote

Deklarasi mendukung Jokowi. (Foto: Dok. Arus Bawah Jokowi)
Relawan pendukung Joko Widodo di Pilpres 2019 menggelar acara deklarasi dukungan di 4 pulau terluar di Indonesia. Deklarasi diikuti oleh warga di Sabang, Merauke, Miangas, dan Rote. 

Acara bertajuk 'Deklarasi Empat Daerah Terluar Nusantara' itu diadakan oleh relawan yang tergabung dalam Arus Bawah Jokowi (ABJ). Acara mengambil tema 'Terimakasihku Untukmu Jokowi'.

"Dukungan ini tentunya karena masyarakat di sana merasakan perubahan atas program kerja serta kebijakan Nawacita Presiden Jokowi," kata Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Arus Bawah Jokowi Michael Umbas dalam keterangannya, Rabu (8/8/2018). 

Umbas mengatakan Jokowi selama ini menjadikan Aceh sebagai salah satu prioritas pembangunan. Dia menyinggung soal kedatangan Jokowi ke Sabang belum genap setahun pemerintahannya. 

"Presiden Jokowi sudah mengunjungi Sabang, untuk menyapa warga, sekalian memantau sendiri progres pembangunan di sana," tambah Umbas.

Selain di Sabang, ada tiga titik penjuru negeri yang melakukan aktivitas serupa, yaitu di Miangas, Rote, dan Merauke. Semuanya adalah daerah terdepan Indonesia.

Umbas mengatakan Jokowi adalah Presiden RI pertama yang sudah berkunjung ke sana. Dia mengungkapkan Presiden saat di Miangas menegaskan kembali komitmen pemerintah membangun Indonesia dari pinggiran dan dari pulau terluar. 

Umbas menjelaskan alasan deklarasi dilakukan di 4 daerah tersebut. Dia mengungkit prioritas Jokowi untuk membangun Indonesia dari pinggiran, bukan Jawa-sentris, melainkan Indonesia-sentris. 

"Deklarasi ini adalah momentum historis, sekaligus membanggakan. Di mana rakyat di empat daerah yang jadi ujung penjuru negeri, sepakat mendaulat kembali Jokowi," ujar Umbas.