Sultan ke-21 Kutai Kartanegara Tutup Usia

Sultan Kutai saat bertemu SBY. (Istimewa)
Sultan ke-21 Kutai Kartanegara Ing Martadipura, Sultan Adji Muhammad Salehuddin II tutup usia pada Minggu (5/8/2018). Sultan Adji Muhammad Salehuddin II wafat pada usianya yang ke-93 tahun di RSUD AM Parikesit Tenggarong Seberang.

Pihak RSUD AM Parikesit memastikan Sultan ke-21 Kukar tersebut meninggal sekitar pukul 10.00 Wita. Menurut cucu Sultan, Raden Dedi, bahwa Sultan Kutai Kartanegara tersebut telah menjalani perawatan selama kurang lebih dua minggu di rumah sakit Parikesit. Namun, pada saat upacara Erau 2018 kemarin, Sultan sempat dibawa pulang ke rumah.

"Sekitar pukul 09.30 Wita sudah melemah namun masih ada denyut nadinya, dibawa ke rumah sakit, dan sekitar pukul 10.00 Wita meninggal dunia," kata Raden Dedi, dilansir Antara.

Ia mengatakan bahwa pemakaman Sultan Kutai Kartanegara akan dilakukan di komplek pemakaman kesultanan, pada Senin, 6 Agustus 2018. Sebagaimana adat keraton, proses pelepasan, serta upacara akan dilakukan sebagai penghormatan terakhir kepada Sultan.

"Ada prosesi upacara dan pelepasan, sekitar pukul 09.00 Wita, besok (6/8/2018)," ungkapnya. Jenazah Sultan Kukar tersebut sempat dibawa ke rumah duka di Jalan S Parman, sebelum akhirnya dibawa ke Keraton Kesultanan guna penghormatan terakhir.