Tak Disangka, 6 Orang Berdarah Indonesia Ini Sukses 'Berkibar' di Luar Negeri

Ilustrasi Hollywood (AFP)
Tak disangka, sejumlah artis kenamaan di luar negeri ini ternyata keturunan Indonesia. Mereka terjun ke sejumlah bidang yang banyak menjadi sorotan publik.

Mulai dari jurnalis hingga bintang film. Siapa saja mereka?

Berikut ini 6 sosok berdarah Indonesia yang sukses di mancanegara, seperti dikutip dari beragam sumber, Minggu (19/8/2018):

1. Yoshi Sudarso

Yoshi Sudarso mendapatkan peran dalam serial televisi Power Rangers Dino Charge. Dalam serial tv di Amerika Serikat ini, ia memerankan power ranger biru.

Di film tersebut, Yoshi kerap memperlihatkan kemampuan bela diri. Pada 1 Juli 2017 lalu, Yoshi hadir dalam Kongres Diaspora Indonesia ke-4 di Jakarta dan berbagi cerita.

Yoshi memang kerap memamerkan kemampuan saltonya di media sosial, yang tentunya bukan sekedar tipuan kamera.

2. Tania Gunadi

Tania Gunadi merupakan kebanggaan Indonesia. Sebab, sejumlah judul film Hollywood pernah dibintanginya.

Kendati belasan tahun tinggal di luar negeri, hati Tania masih tertambat di Indonesia. Ia rela menempuh perjalanan belasan jam menuju Jakarta untuk ikut dalam acara silaturahmi dengan warga Tanah Air lain yang pernah atau masih tinggal di luar negeri dalam Kongres Diaspora Indonesia ke-4.

Dalam acara tersebut, ia sempat menceritakan saat pertama kali datang ke Amerika Serikat. Ketika itu ia sama sekali tak terpikir bisa berperan dalam beberapa film dan mini seri Hollywood.

Tania juga menuturkan pernah menjalani sejumlah pekerjaan lainnya sebelum menggeluti dunia peran di Hollywood.

"Jadi dulu kerja di sana banyak, sampai suatu saat ada yang nawarin casting nyari gadis yang ceria gitu. Ya udah saya ikut, itu pertama kalinya," ucap Tania saat berbincang di The Hall Kasablanka, Sabtu 1 Juli 2017.

Diaspora Indonesia di Amerika itu pun berpesan kepada warga Indonesia lain agar tak takut mengejar mimpi, meski harus pergi jauh dari Tanah Air.

"Jadi untuk semua, follow your heart-lah, untuk mengejar mimpi," tegas Tania.

3. Atika Shubert

Nama Atika Shubert mungkin belum sering terdengar, namun wajahnya kerap kali muncul di saluran televisi berita CNN.

Kecantikannya yang sebagian besar didapat dari keturunan Indonesia bukanlah hal yang ia gunakan untuk meraih kesuksesan. Pun juga bukan berkat sang ibu yang merupakan wartawan kawakan di sebuah media papan atas di Indonesia. 

Atika berhasil meliput peristiwa besar di Indonesia, seperti jatuhnya pemerintahan Soeharto pada tahun 1998, transisi yang dilalui Timor Leste sebelum akhirnya memisahkan diri dengan Indonesia, hingga bom Bali 2002 secara eksklusif saat ia berprofesi sebagai produser CNN di Jakarta.

Wanita kelulusan SMA Jakarta International School (JIS) dan Tufts University di Boston itu membuat banyak orang terkagum-kagum akan kegigihan dan kesuksesannya di dunia jurnalisme.

Terlebih, ia beberapa kali mendapatkan kesempatan untuk mewawancarai sejumlah petinggi negara seperti mantan Presiden Indonesia ke-4 Abdurrahman Wahid dan mantan Presiden Filipina Josef Estrada.

4. Michelle Branch

Michelle Branch sangat terinspirasi dengan The Beatles. Wanita cantik dengan nama lengkap Michelle Jacquet DeSevren Branch itu mahir bernyanyi, fasih membuat lagu dan bermain gitar. Lagu-lagunya sempat mengiri anak-anak muda di era tahun 2000-an awal. 

Darah Indonesia ia dapatkan dari sang ibu dan nenek yang lahir di Surabaya, 

Sejumlah lagunya telah dijadikan soundtrack untuk beberapa film layar lebar. Melansir dari LA Weekly, musik karya Michelle ternyata juga dihargai dan diminati oleh Wali Kota Los Angeles Eric Garzetti.

Tahun 2015 lalu, Michelle diminta untuk tampil oleh Garzetti dalam acara penggalangan dana untuk pemilihan wali kota. 

5. Jodi Ann Paterson

Wanita seksi bernama Jodi Ann Paterson ini dianugerahi sejumlah kelebihan yang mampu membuat seisi dunia iri.

Selain sempat berprofesi sebagai model untuk majalah dewasa ternama di dunia Playboy, wanita keturunan 50% Indonesia ini juga seorang aktris untuk beberapa film Hollywood dan terpilih menjadi ratu kecantikan wilayah Oregon pada tahun 1994.

Jodi dilahirkan di Balikpapan dan dibesarkan di Springfield, Oregon, Amerika Serikat. Ibunya adalah keturunan Indonesia dan ayahnya adalah keturunan Eropa-Amerika.

6. Iko Uwais

Nama Iko Uwais mencuat di dunia perfilman internasional ketika ber-akting untuk film The Raid. Dalam film tersebut, aksi beladirinya sangat memukau.

Hebatnya lagi, ia termasuk dalam jajaran aktor terbaik Asia yang disebut oleh Gareth Evans, sutradara film The Raid.

Aktor Indonesia ini kemudian digandeng aktor Hollywood, Keanu Reeves yang bermain dalam film Man of Tai Chi.

Kini ia kembali tampil di film Hollywood, Mile 22 bersanding dengan aktor Hollywood ternama Mark Wahlberg.