Ups, Data Pengguna Android Ternyata Lebih Banyak Disedot Ketimbang iOS

Android Pie.Yuslianson
Setelah Google ketahuan menyimpan lokasi pengguna yang sudah mematikan opsi pelacakan lokasi, dugaan terkait 'rahasia' perusahaan semakin banyak bermunculan ke permukaan.

Terbaru, laporan datang dari makalah yang dibuat oleh Profesor Douglas Schimdt dari Vanderbilt University.

Berdasarkan studi yang dilakukannya, ternyata perangkat Android yang berada dalam keadaan diam (idle) ternyata masih 'menyedot' lebih banyak data ketimbang iPhone pada kondisi yang sama.

Dikutip dari Phone Arena, Kamis (23/8/2018), perbandingan data yang dikirimkan perangkat Android mencapai 10 kali lebih banyak.

Menurut Profesor Schmidt, perangkat Android yang berada dalam keadaan diam masih menjalankan browser Chrome di background.

Aplikasi itu lantas mengirimkan data lokasi ke Google sebanyak 340 kali dalam waktu 24 jam, atau 14 kali untuk tiap jamnya.

Kondisi berbeda ditemukan di iPhone yang berada dalam kondisi tidak aktif. Aplikasi browser Safari dalam kondisi iPhone diam hanya mengirimkan 50 kali data ke Google.

Browser itu diketahui hanya mengirimkan data dalam jumlah banyak jika perangkat digunakan secara aktif.

Informasi lain yang diungkapkan adalah jumlah data Android yang dikirimkan ke Google mencapai 4,4MB, enam kali lebih banyak dari perangkat iPhone ke server Google setiap hari.

Temuan lain yang cukup mengagetkan adalah kebanyakan pengumpulan data ini dilakukan saat penguna tidak langsung memakai perangkatnya.

Tak hanya itu, Google juga dapat mencocokkan data anonim dengan data dari perangkat Android untuk membuat profil yang lebih akurat.

Pembahasan lain dalam makalah ini salah satunya adalah cara Google mengumpulkan informasi pengguna untuk mengetahui minat seseorang.

Cara ini digunakan perusahaan untuk menampikan iklan khusus yang sesuai.

Selain itu, raksasa internet itu juga memeriksa kordinat lokasi pengguna pada interval waktu tertentu, untuk menentukan metode yang digunakan untuk berpindah, apakah berjalan, berlari, atau memakai kendaraan.