Pemerintah Janjikan Beasiswa untuk Pemain Timnas U-16

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima skuad Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-16 di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (4/10). Presiden Jokowi mengapresiasi perjuangan Garuda Muda di Piala Asia 2018. (Angga Yuniar)
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi memastikan bahwa para pemain Timnas U-16 akan mendapat beasiswa dari pemerintah. Hal ini sebagai bentuk apresiasi pemerintah terhadap prestasi yang ditorehkan Timnas U-16.

"Ini pelajar, pelajar bukan bonus tapi apa namanya beasiswa. Ya kita harapkan itu," kata Imam di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (4/10/2018).

Pemberian beasiswa, kata Imam, diharapkan menjadi penyemangat para pemain Timnas U-16.

"Ya kita harapkan bisa sampai selesai, kalau harapannya tadi bisa sampai kuliah," ucap Imam.

Selain beasiswa, Imam menambahkan pemerintah juga tengah mengupayakan memberikan suntikan dana bagi Timnas U-16. Nantinya, kata Imam, perusahaan BUMN akan memfasilitasi para pemain Timnas U-16.

"Seperti arahan Bapak Presiden (Jokowi) harus ada BUMN yang mendampingi mereka. Saya belum tahu persis ya, tapi itu salah satu alternatif. Selain CSR juga ada sponsor," tandas Imam.

Bertemu Jokowi
Presiden Jokowi menerima kedatangan Kontingen Timnas Indonesia U-16 di Istana Merdeka. Jokowi mengapresiasi perjuangan timnas yang berlaga di AFC U-16, Malaysia, meski hanya mencapai babak 8 besar.

"Yang pertama saya ingin menyampaikan penghargaan yang setinggi tingginya atas perjuangan, kerja keras saudara semuanya baik dalam kompetisi tingkat Asean kemudian tingkat Asia," kata Jokowi saat menerima kedatangan Timnas U-16 di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (4/10/2018).

Jokowi mengatakan, para pemain di Timnas U-16 merupakan penerus timnas senior di kemudian hari. Ia pun meminta kepada para pemain untuk terus berlatih dan bekerja keras di setiap kompetisi yang diikuti.

"Tolong ini dijaga betul. Sudahlah tetap seperti ini, kerja keras. Nanti misal sudah mulai banyak pendapatan, ditabung untuk hari hari ke depan kita. Jangan mengubah gaya hidup kita. Tetap rendah hati," ucap Jokowi.

"Kalau betul betul bisa menjaga tidak mengubah gaya hidup, saya optimis Timnas U-16 akan menjadi tim kebanggaan negara ini dalam 5, 10, bahkan 15 tahun yang akan datang," sambung Jokowi.