HabaNiro Concept, Mobil Masa Depan Kia


JANGAN setengah-setengah saat membuat mobil konsep. Setidaknya itu yang ada dalam pikiran KIA saat membuat KIA HabaNiro Concept yang tampil di New York International Auto Show 2019 akhir pekan lalu.

Walau bentuk mobilnya kecil, KIA benarbenar berani dalam mendesain mobil konsep ini. Yang paling terlihat adalah pintu mobil berdesain sayap kupu-kupu. Keempat pintu mobil ini akan mengangkat ke atas jika hendak dibuka.

Tentu saja ini menjadi konsep yang radikal karena biasanya hanya dua pintu yang mengangkat ke atas, tapi di KIA HabaNiro keempat pintu bisa terangkat ke atas. Kaca mobil juga tampil dalam bentuk yang berani. Kaca mobil depan tersambung hingga atap panoramic. 



Alhasil, tampilan mobil juga futuristis. Posisi lampu belakang juga tidak biasa karena diletakkan di bagian atas pilar CDengan bentuk unik, posisi lampu ini menjadi lebih terlihat bagi pengendara yang . ada di belakang mobil.

 Bagian interior mobil juga sama kerennya. KIA memutuskan menghilangkan seluruh dasbor konvensional, alih-alih menggantikan dasbor itu dengan panel digital. Panel digital itu akan tampil dalam satu warna utuh menyesuaikan dengan warna interior mobil. Namun, panel digital itu akan menampilkan berbagai fitur dan menu jika dibutuhkan pengemudi.

Head up display juga tidak mainmain besarnya. Jika mobil lain berupaya meminimalkan tampilan head up display , KIA HabaNiro justru membuatnya jadi lebih besar. Namun, KIA memastikan hal itu tidak akan mengganggu pandangan pengemudi.