Ini Alasan untuk Tidak Minum Kopi Saat Perut Kosong


Menyeruput kopi setelah bangun tidur dianggap bisa membuat mood hari itu menjadi lebih baik bagi sebagian besar orang. Bagi mereka, kopi adalah pembuka hari yang nikmat. Minuman hangat ini memang punya banyak manfaat kesehatan. Namun, tidak selamanya seperti itu.

Memang benar kalau kopi punya banyak manfaat bagi kesehatan. Namun, jumlah dan waktu minum kopi adalah hal yang harus diperhatikan. Salah satunya, minum kopi di saat perut kosong justru malah membahayakan kesehatan.

Minum kopi di saat perut kosong bisa mengancam sistem pencernaan. Minuman ini bisa menyebabkan produksi asam di perut. Jika ini terjadi, maka asma ini akan merusak lapisan perut dan bahkan menyebabkan gangguan pencernaan dan rasa mulas.


“Jika Anda minum kopi hitam di pagi hari, itu bisa meningkatkan produksi asam di lambung. Tapi, kalau Anda minum kopi dengan gula dan susu, itu mungkin tidak terlalu buruk. Tapi, pastikan Anda mengonsumsinya dalam jumlah terbatas,” ujar Kepala Pakar Gizi Klinis Rumah Sakit Apollo Dr Priyanka Rohtagi, seperti dilansir TNN.

Menurut Priyanka, kalau Anda menderita masalah asam lambung dan maag, maka ada baiknya tidak minum kopi di pagi hari ketika perut kosong. Anda bisa mengonsumsi biskuit gandum atau kacang almond sebelum menikmati secangkir kopi Anda di pagi hari. Selain itu, jika Anda hamil atau sedang menjalani pengobatan tertentu, maka kopi sangat harus dihindari untuk diminum di pagi hari.

Menurut sebuah kajian, minum kopi di pagi hari juga menurunkan level produksi kortisol, yang artinya bisa membuat Anda lebih ngantuk. Produksi kortisol ada di puncaknya di pagi hari yang membuat Anda merasa siaga dan energik. Kopi bisa benar-benar menurunkan level kortisol yang bisa menghambat ritme sirkadian Anda dan membuat Anda merasa ngantuk.

Selain itu, beberapa orang minum kopi di pagi hari sebelum mereka memulai sesi olahraga mereka. Kebiasaan ini juga memiliki dampak negatif pada kesehatan.

“Jika Anda sedang puasa dalam jangka pendek, ini mungkin bisa menjadi bumerang dan bahkan menyebabkan dehidrasi,” kata Priyanka. 


Jadi, jika tubuh memberikan indikasi seperti kram otot dan mulas, ada baiknya Anda mulai berhenti minum kopi sebelum berolahraga. Priyanka mengatakan, masalah utama saat ini adalah pada kuantitas kopi yang dikonsumsi seseorang di sekali waktu.

“Biasanya, secangkir kopi bervolume 120—150 ml, tapi kadang kita mendapatkan kopi dengan cangkir yang lebih besar, seperti 250 ml,” ujar Priyanka.

Memang benar kalau kopi membuat Anda merasa mendapatkan energi dan membantu memperbaiki mood, tapi minum kopi dengan perut kosong bukanlah ide bagus. Selain itu, ada bagusnya untuk hanya minum 2 cangkir kopi dalam sehari.