Ini Dia Pelatih Sepak Bola Terkaya di Dunia dengan Kekayaan 1.400 Miliar


Selain menjadi bintang lapangan hijau, ternyata profesi sebagai pelatih sepak bola juga sama menjanjikannya lho! Itu bisa terlihat dari total kekayaannya yang mencapai angka triliunan rupiah. Untuk meracik sebuah tim dengan permainan dan mental dunia tentunya dibutuhkan seorang sosok pelatih yang handal. Gak hanya pintar dalam meramu strategi, ia juga pastinya harus menjadi pemimpin yang tegas di dalam kamar ganti.

Karena percuma jika hanya memiliki banyak pemain bintang tanpa arahan yang benar dari seorang pelatih. Oleh karena itu pantes aja jabatan yang satu ini menjadi peran vital dalam sebuah tim dan mendapat ganjaran bayaran yang gak kalah fantastis.

Nah daripada berlama – lama lagi mending kita simak langsung aja nih daftar pelatih sepak bola terkaya di dunia berikut ini:

6. Jurgen Klopp – Rp 281 miliar


Posisi paling bawah ada Jurgen Klopp yang kini menjadi arsitek klub sepak bola Liverpool. Sebelum menjabat sebagai pelatih di Liverpool, ia sukses membawa tim asal Jerman Borussia Dortmund juara Bundesliga dan masuk ke final Liga Champion tahun 2013.

Pelatih yang terkenal ekspresif di pinggir lapangan ini emang mampu membawa Liverpool menuju tangga juara Liga Champion musim 2019. Pada kompetisi Liga Inggris tahun 2019 dan 2020 ia menargetkan The Reds untuk juara. Pihak manajemen sendiri perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp 126 miliaran per musim sebagai gaji. Sedangkan untuk total kekayaannya sendiri mencapai Rp 281 miliaran.

5. Pep Guardiola – Rp 563 miliar

 
Pelatih sepak bola terkaya kelima diisi oleh Pep Guardiola yang berasal dari Spanyol. Sekarang pelatih berkepala plontos ini menduduki kursi pelatih di klub Manchester City semenjak tahun 2016.

Namanya mulai menjadi perbincangan dunia semenjak mengarsiteki klub Barcelona. Salah satu ciri khas strategi Pep Guardiola adalah permainan umpan pendek Tiki-Taka. Ia berhasil membawa Manchester City meraih gelar juara Liga Inggris sebanyak 2 kali. Pep Guardiola digaji oleh City sebesar Rp 386 miliar per tahun. Sedangkan untuk kekayaannya sendiri menyentuh Rp 563 miliar.

4. Arsene Wenger – Rp 675 miliar



Duduk di posisi keempat pelatih sepak bola terkaya di dunia ada pria berkebangsaan Perancis yakni Arsene Wenger. Saat ini ia sedang menunggu pinangan dari klub bola dunia yang pengin mendapatkan tanda tangannya.

Sebelumnya ia merupakan pelatih dari klub bola asal kota London, Inggris yakni Arsenal. Selama 22 tahun menjadi pelatih, ia sukses merengkuh 3 kali gelar juara Liga Inggris dan 7 kali juara FA Cup. Selama di Arsenal Arsene Wenger pernah mendapat gaji sekitar Rp 161 miliar per tahun. Total kekayaannya sendiri menyentuh Rp 675 miliar.

3. Carlo Ancelotti – Rp 704 miliar
 
Masuk ke posisi 3 besar ada Carlo Ancelotti yang berkebangsaan Italia. Namanya mulai dikenal oleh publik internasional semenjak menangani AC Milan pada tahun 2001 sampai 2009.

Kini Carlo Ancelotti merupakan arsitek dari klub asal Italia yakni Napoli. Bersama dengan AC Milan, ia berhasil merengkuh juara Liga Italia dan Liga Champion. Pihak manajemen Napoli harus mengeluarkan kocek sebesar Rp 144 miliaran per tahunnya. Kekayaan Ancelotti ditaksir sekitar Rp 704 miliaran.

2. Zinedine Zidane – Rp 985 miliar


Pelatih sepak bola dengan kekayaan terbanyak kedua diraih oleh legenda Real Madrid dan Juventus yakni Zinedine Zidane. Selain sukses membela klub, Zidane juga berhasil membawa Perancis menjuarai Piala Dunia tahun 1998.

Karier kepelatihannya sendiri terbilang sukses karena membawa Real Madrid juara Liga Champion berturut-turut dari tahun 2016 sampai 2018. Gaji Zinedine Zidane di klub asal Madrid tersebut mencapai Rp 133 miliar per musimnya. Untuk kekayaannya sendiri mencapai Rp 985 miliar.

1. Jose Mourinho – Rp 1,4 triliun

 
Pelatih sepak bola terkaya di dunia diraih oleh pria asal Portugal yakni Jose Mourinho. Kini belum ada satupun klub bola yang memiliki tanda tangannya alias nganggur. Biarpun nganggur, Jose Mourinho berhasil mencetak banyak prestasi bersama dengan Chelsea seperti juara Liga Inggris dan membawa Inter Milan juara Liga Champion.

Sebelum dipecat oleh klub Manchester United, Jose Mourinho memiliki gaji sekitar Rp 217 miliar. Sedangkan total kekayaannya menyentuh Rp 1,4 triliun.

Nah itulah 6 pelatih sepak bola dengan kekayaan terbanyak di dunia. Dari keenam nama tersebut mana nih yang paling kamu panuti sosoknya?