'Bajaj' Cerdas Tanpa Sopir Akan Berseliweran di Indonesia


Produsen otomotif asal Italia Piaggio akan hadirkan kendaraan roda tiga untuk pasar Asia Tenggara. Kendaraan roda 3 yang terkenal di Indonesia dengan nama Bajaj atau Bemo ini akan hadir dengan teknologi EV tenaga listrik dan berteknologi kecerdasan buatan (otonom) alias tanpa sopir

Kendaraan roda tiga yang di negara-negata di Asia Tenggara di mana mereka digunakan sebagai taksi, kendaraan pengantar, dan bahkan gerobak makanan jalanan.

Seperti dilansir dari Rideapart, Jumat (20/12/2019), Kendaraan yang terkenal dengan asap ngbulnya karena menggunakan teknologi 2 tak akan berubah menjadi Hibrida dan Listrik (FAME),


FAME memberi insentif pada pembelian EV, terutama EV roda dua dan tiga dengan menawarkan pengurangan pajak penjualan dari 12 menjadi 5 persen.

Tak hanya bertenaga listrik,skuter ini rencananya akan dihadirkan yang otonom untuk mempermudah Mobilitas orang di Negara-negara Asia Tenggara

Beberapa Sumber sebulumnya menyebut Bajaj listrik akan menggunakan baterai Lithium-ion 48 volt. Baterai ini dapat ditukar, dan pengisian daya menggunakan pengisi daya onboard, yang opsional, membutuhkan waktu enam jam. Mengganti baterai membutuhkan waktu enam menit.

Dengan muatan penuh, Bajaj RE listrik dapat mencapai jarak 120 kilometer. Motor roda tiga ini mampu ngebut hingga kecepatan maksimum 45 km/jam atau 20 km/jam lebih rendah dari Bajaj RE 4S dan 7 km/jam lebih rendah dari Bajaj RE Maxima. Motor ini memiliki berat 400 kilogram. Kendaraan ini menggunakan roda 12 inci.

Bajaj RE listrik terlihat tampil lebih bergaya karena front-end uniknya yang terdiri dari selongsong hitam gloss yang berbentuk unik, lampu depan yang ramping dan logo Bajaj RE dengan garis biru. Di bagian interior, terdapat kluster instrumen digital untuk memberikan semua informasi yang diperlukan kepada pengemudi. Ini fitur fungsi anti-pencurian juga.

Kendaraan Ape E-City akan memiliki teknologi pertukaran baterai dengan baterai besar. Ini akan membuat lebah pekerja Piaggio kecil bergerak lebih lama, yang merupakan misi penting mengingat peran mereka dalam perekonomian.