Bukan Indonesia, Ini Deretan Negara yang Dapat Pinjaman China dalam Jumlah Besar


Pinjaman China menjadi salah satu yang diterima Indonesia sebagai utang luar negeri. Pinjaman China ke Indonesia seperti yang dilaporkan Bank Indonesia (BI) mencapai US$ 17,76 miliar atau sekitar Rp 248,44 triliun.

Walaupun angka pinjaman China terbilang besar, Negeri Tirai Bambu gak menjadi negara pemberi pinjaman terbesar ke Indonesia. Masih ada negara lain yang mengucurkan dana pinjaman lebih besar. Sebut aja Singapura yang menyalurkan pinjaman sebesar ‭US$ 66,49 miliar atau sekitar Rp 930,43 triliun.

Selain Singapura, negara-negara lainnya yang menyalurkan dana pinjaman dalam jumlah besar ke Indonesia, yaitu Jepang sebesar US$ 29,42 miliar, Amerika Serikat sebesar US$ 22,47 miliar, hingga Hong Kong sebesar US$ 10,69 miliar.

Perlu diingat pinjaman atau utang luar negeri ini merupakan gabungan utang yang dimiliki Pemerintah Indonesia dan swasta. Pemerintah Indonesia sendiri berutang karena mengeluarkan Surat Berharga Negara (SBN) yang diperjualbelikan. Sementara swasta memiliki utang yang berasal dari surat utang korporasi atau obligasi yang diperjualbelikan.

Sampai sini udah jelas bukan kalau China bukanlah negara pemberi utang paling besar ke Indonesia. China sendiri diketahui menyalurkan pinjamannya ke beberapa negara dalam jumlah yang terbilang besar. Negara-negara mana aja itu?

Daftar negara yang menerima pinjaman China dalam jumlah besar


Statista melansir terdapat tujuh negara yang tercatat mendapat pinjaman China dalam jumlah besar. Data ini dirilis berdasarkan riset yang dilakukan Kiel Institute. Menurut data tersebut, persentase utang negara-negara tersebut ke negara asal panda ini lebih dari 25 persen Produk Domestik Bruto (PDB) negara-negara tersebut.

Negara-negara yang mendapat pinjaman dalam jumlah besar dari China ini tersebar di Afrika dan Asia. Nah, berikut ini adalah daftar negara yang mendapat pinjaman dari China dalam jumlah besar terhitung pada tahun 2017.


Riset tersebut juga menemukan fakta kalau pinjaman China mulai bertumbuh sejak tahun 2010. Menariknya nih beberapa negara maju juga tercatat punya utang ke China, seperti Jerman dan Belanda. Nilai utang mereka disebut sekitar 10 persen dari PDB negara-negara tersebut.

Meskipun menyalurkan pinjaman, China pada kenyataannya juga punya utang yang besar. Utang China berdasarkan World Debt Clocks punya nilai yang mencapai US$ 9,83 triliun. Utang ini kalau dibagi, yaitu utang publik sekitar 63,95 persen dari rasio PDB dan utang luar negeri sekitar 12,44 persen dari rasio PDB.

Itu tadi informasi mengenai negara-negara yang peroleh pinjaman China dalam jumlah besar. Gimana menurutmu?