Ilmuwan Temukan Ikan dengan Sirip Sebagai Kaki di Kedalaman 900 M


Sekelompok ilmuwan dalam perjalanan penelitian selama setahun telah menangkap rekaman ikan laut dalam langka yang menggunakan siripnya seolah-olah kaki.

Disebut anglerfish Schaefer (Sladenia shaefersi), makhluk datar yang panjang ini dapat tumbuh hingga hampir lima kaki (1,5 mter) dan beratnya mencapai 110 pound (50 kg).

Hewan ini memiliki kulit tebal dan bergetah dengan pola berbintik-bintik khas yang memungkinkannya untuk berbaur dengan lingkungan lautnya yang suram, di mana ia hidup dari makanan ikan lain dan dapat mengkonsumsi hewan hampir dua kali ukurannya sendiri.

Ikan itu ditemukan sekitar 900 meter di bawah permukaan laut dekat Dry Tortugas, sebuah pulau kecil di Teluk Meksiko.

Tempat itu adalah salah satu perhentian terakhir dalam ekspedisi selama setahun yang dilakukan oleh kantor National Oceanic and Atmospheric Administration’s Ocean Exploration and Research (NOAA). “Wilayah ini memiliki dasar laut dan habitat laut yang luas, namun kurang dikenal, serta fitur geologis yang unik,” tulis NOAA dalam deskripsi misi, dilaporkan oleh Newsweek.

Data dari ekspedisi ini akan memungkinkan para ilmuwan dan manajer untuk membangun pemahaman yang lebih baik tentang keanekaragaman dan distribusi habitat perairan dalam di wilayah ini, yang memungkinkan pengambilan keputusan manajemen sumber daya yang terinformasi.

Anglerfish Schaefer pertama kali ditemukan pada tahun 1976, di lepas pantai Kolombia di Laut Karibia. National Geographic menggambarkan spesies karnivora ini sebagai ‘mungkin hewan paling jelek di planet ini, dan ia hidup di tempat yang menjadi habitat paling ramah di Bumi: dasar laut yang sepi dan tanpa cahaya.’

Karena kedalaman ekstrem, para peneliti menggunakan kendaraan bawah air yang dioperasikan dari jarak jauh, atau ROV, untuk menjelajahi dasar laut.

Ketika pertama kali mereka menemukan anglerfish, mereka mengira itu adalah batu yang entah bagaimana berakhir di atas sepotong karang. Ketika mereka semakin dekat mereka menemukan itu sebenarnya adalah ikan pemancing yang berdiri di atas siripnya seperti kaki kecil.

Anglerfish tidak hanya dikenal karena penampilannya yang tidak biasa tetapi intensitas khusus dari kebiasaan kawin mereka. betina biasanya memiliki duri panjang runcing yang menonjol dari punggung mereka, dari mana gumpalan daging kecil menggantung seperti umpan.

Anglerfish jantan menempel pada betina, dan secara bertahap memadukan tubuh mereka dan berbagi aliran darah yang sama. Tautan ini menyebabkan organ dan mata bagian dalam pejantan layu, hanya menyisakan kulit dan testis. Anglerfish betina telah diamati membawa sebanyak enam parasit  jantan di punggung mereka.