Mau Sukses dan Siap Hadapi 2020? Yuk Baca 5 Buku Rekomendasi Bill Gates


Jelang tahun 2020, founder Microsoft Bill Gates ternyata punya rekomendasi buku buat kamu nih. Tujuan membaca buku ini sederhana saja kok, untuk memberikanmu semangat baru jelang tahun baru.

Orang terkaya di dunia urutan kedua ini memang pernah bilang, Bulan Desember adalah bulan di mana waktu kerjamu gak bakal seefektif bulan-bulan sebelumnya. Lantas apa yang harus  kamu lakukan? Bill Gates cuma bilang, “Baca buku.”

Seperti yang tertulis di blog pribadi Gates, ada lima buku wajib yang bisa kamu baca nih. Mau tahu apa saja? Yuk cek di bawah sini.

1. An American Marriage – Tayari Jones

 
Novel ini bercerita tentang sebuah tragedi pernikahan. Bill Gates merekomendasikan buku ini ke putrinya.

Agak aneh sih kenapa miliarder seperti Gates justru merekomendasikan buku ini. Alasannya sih karena ada pelajaran penting menyangkut seputar hukum kriminal di Amerika Serikat.

“An American Marriage adalah menceritakan bahwa sebuah pengekangan lebih berbahaya ketimbang mengurung seseorang di dalam ruangan. Ini juga menjadi refleksi bagaimana hukum kriminal di negara kita sangat keras, terutama bagi warga kulit hitam,” demikian yang ditulis Gates dalam blognya.

“Ketika kita sudah tercebur ke dalam sebuah sistem, kamu gak bisa keluar dari sana. Apapun yang kamu miliki akan hilang begitu saja,” tegasnya.

Mungkin gak terlalu berhubungan dengan kehidupanmu sebagai Warga Negara Indonesia ya. Tapi kalau memang kamu ingin membacanya dan mempelajari isinya, monggo saja.

Baca juga: Masih Takut Berinvestasi? Coba Baca 7 Buku yang Dibaca Miliarder Dunia

2. These Truth – Jill Lepore

 
Penasaran soal isi buku ini? Yang jelas, penulisnya adalah seorang sejarawan dari Universitas Harvard.

“Lepore telah menceritakan sejarah Amerika dalam 800 halaman. “These truth” adalah buku terjujur dari cerita Amerika yang pernah saya baca. Buku ini akan mengingatkan kita bahwa banyak hal tentang sejarah Amerika yang sering kita pelajari di sekolah,” ujar Gates.

Lagi-lagi soal Amerika nih, tapi yang ini adalah sejarahnya. Barangkali menarik untuk menambah pengetahuan.

3. Growth – Vaclav Smil

 
Smil adalah salah satu penulis buku favorit Bill Gates. Gates pun seringkali merekomendasikan buku karya Smil ke banyak orang.

“Dua tahun yang lalu, saya pernah menulis bahwa saya menunggu karya terbaru Smil, seperti halnya orang menunggu film Star Wars terbaru. Karya terakhirnya gak mengecewakan, saya gak setuju sepenuhnya dengan apa yang ditulis Smil, namun dia adalah salah satu pemikir terbaik yang bisa mendokumentasikan masa lalu dan sosok yang bisa melihat dengan pandangan luas,” ujar Gates.

Nah kalau judulnya saja Growth yang artinya berkembang, bisa jadi buku ini menarik, karena bisa menginspirasimu.

4. Prepared – Diane Tavenner

 
Gates adalah entrepreneur dan pegiat filantropi. Tapi jangan salah, dia juga merupakan orangtua.

Sebagai orangtua pada umumnya, tentu kamu bakal sibuk untuk mempersiapkan pendidikan yang terbaik bagi anak tercinta. Penulis buku ini adalah seorang pendiri sekolah independen yang didanai oleh Amerika Serikat.

Bukan cuma soal persiapan anak sekolah yang ada di buku ini. Tavenner juga bakal berbagi tips soal bagaimana mempersiapkan kehidupan anak pascasekolah.

“Banyak nasihat dari Tavenner yang diyakini bahwa, orangtua harus mendukung anak-anaknya berkembang secara mandiri. Orangtua harus jadi mentor yang baik, bukan hanya sekadar menyuruh. Dia juga harus meminta opini sang anak dan mendorongnya untuk bisa belajar sendiri,” demikian yang ditulis Gates soal buku ini.

5. Why We Sleep – Matthew Walker

 
Nah, sesuai dengan judulnya, buku ini adalah tentang tidur alias istirahat. Apa kaitannya?

Jelas sekali, hal ini berkaitan dengan hidup lho. Karena, setelah Gates membaca ini, dia langsung sadar bahwa dirinya menyesal karena sering kurang tidur.

“Walker yang merupakan Direktur UC Berkeley’s Center for Human Sleep Science, menjelaskan bahwa, jika kamu cuek terhadap jam tidurmu yang kurang, maka hal itu bisa berdampak buruk pada kreativitas, kemampuan memecahkan masalah, pembuatan keputusan, belajar, ingatan, kinerja jantung, kesehatan otak dan mental, sistem imun, hingga harapan hidup,” terang Bill Gates.

Tuh kan, Gates aja nyesel gak tidur cukup semasa mudanya. Anggapan bahwa orang sukses cuma tidur tiga jam itu gak sepenuhnya benar. Percuma banyak duit tapi badan penyakitan, setuju gak?

Itulah lima buku yang direkomendasikan Gates buat kamu. Menurut kamu, buku mana yang sepertinya menarik buat dibaca?