Hindari Bahaya Mematikan, Ini Cara Aman Gunakan Genset di Rumah


Banjir yang melanda Jakarta, Botabek, dan daerah lainnya di Indonesia menyisakan berbagai persoalan bagi masyarakat terdampak. Mulai dari kekurangan air bersih, pakaian layak pakai, makanan sehari-hari hingga pemadaman listrik yang menyebabkan terganggunya aktifitas sehari-hari.

Bagi sebagian masyarakat, pemadaman listrik bisa diantisipasi dengan penggunaan genset (generator set) sebagai pengganti sumber listrik PLN. "Namun perlu diketahui, penggunaan genset yang salah bisa menyebabkan hal yang berbahaya hingga kematian," kata Muhammad Islah, Manager Service Center Ryu Powertools mengingatkan.

Nah guna mengurangi risiko bahaya terhadap penggunaan genset yang salah, maka perlu diperhatikan beberapa hal di bawah ini:


1. Jangan tempatkan genset di ruangan tertutup atau di dalam ruangan
Genset menghasilkan karbon monoksida yang dapat mengontaminasi kualitas udara di dalam rumah yang tidak boleh dihirup manusia. Sebaiknya letakkan genset di ruangan luar dengan sirkulasi udara yang baik tapi tetap terlindung dari hujan.


2. Tempatkan genset di tempat yang datar
Pada saat pemakaian genset menghasilkan getaran, sehingga ada baiknya memosisikan genset tersebut pada tempat yang datar. Tujuannya agar genset tersebut tidak pindah dari lokasi penempatan awalnya.

3. Sebelum menyalakan genset pastikan bahan bakar dan oli genset telah terisi
Apabila bahan bakar habis, dapat diisikan secukupnya alias tidak terlalu penuh dan jangan terlampau sedikit. Oli yang digunakan juga tidak boleh terlalu melebihi kapasitas, karena akan menyebabkan genset berjalan tidak normal seperti tersendat-sendat atau tidak mau menyala.

4. Penggunaan genset saat baru menyala

Saat baru menyalakan genset, pengguna perlu mencoba terlebih dahulu untuk peralatan-peralatan yang mengonsumsi daya besar. Setelah itu baru ke peralatan yang mengonsumsi daya yang kecil.

5. Pastikan kabel genset tidak terendam oleh air
Pada saat genset digunakan jangan meletakkan kabel genset yang terendam oleh air. Karena hal ini rentan menyebabkan konsleting jika ternyata ada kulit kabel yang terbuka.

6. Sebelum menyalakan genset

Ketika akan menyalakan genset, pengguna harus dipastikan tidak ada arus listrik PLN yang sedang menyala. Saklar MCB juga harus pada posisi turun/off.

"Hal utama yang paling penting dilakukan masyarakat jika ingin menggunakan genset di rumahnya adalah harus terlebih dahulu mematuhi segala tata cara dan aturan pemasangan yang ada. Ikuti segala instruksi cara pasang genset yang dimiliki, dengan begitu dapat terhindar dari bahaya pemasangan genset yang salah," saran Muhammad Islah.