Honda Pastikan Siap Menghadirkan Kembali Motor Legendarisnya


Honda umumkan siap menghadirkan skuter listrik BENLY e: Series pada April 2020 di pasar Jepang. BENLY e: Series dikembangkan dengan konsep skuter listrik bisnis untuk layanan pengiriman barang dan menarget pasar perusahaan atau bisnis.

Secara bentuk, Honda Benly ini terlihat lebih padat dibanding Honda S90 maupun 90Z. Ini mungkin dikarenakan bagian tutup aki yang dibuat lebih besar dan lebar serta bagian-bagian bodi lain seperti tangki dan tutup aki ini dibuat mengotak.

Rangka motor ini menganut model monocoque seperti halnya Honda 90Z. Model pertama Honda Benly ini dikenal juga dengan julukan Benly Kotak. Pada tahun 1974, terjadi facelift pada motor ini dimana bentuk tangki dan tutup aki membulat. Sepintas karena bentuknya yang membulat membuat tangki dan tutup akinya mengecil dibanding Benly kotak.


Secara keseluruhan selain bentuk tangki dan tutup aki, Honda Benly tidak mengalami perubahan yang berarti karena masih terlihat rata dengan stang yang tinggi. Pada tahun 1976 sebagai edisi perpisahan muncul varian Benly Deluxe yang punya kelebihan berupa stripping lebih menarik dan beberapa fitur lainnya.

Berbeda dengan Honda Benly 125cc yang bermesin inline twin, Benly S110 ini hanya dibekali mesin 4 langkah 1 silinder berkapasitas 109cc dengan pendingin udara. Yang unik dari mesin yang posisinya tiduran seperti motor bebek ini adalah konfigurasi valvetrain dimana motor ini menggunakan teknologi OHV pushroad bukannya OHC seperti umumnya motor Honda 4 tak.

Skuter ini mampu menjangkau 43 hingga 60 km untuk satu kali pengisian daya baterai penuh, tapi tergantung pada kecepatan saat berkendara. Di Jepang, skuter ini dipasarkan dengan harga 737.000 yen hingga 748.000 yen atau sekira Rp91,9 juta sampai Rp93 juta