Inilah Sosok Wang Zhi Yi Pengguncang Bulu Tangkis Dunia


Wang Zhi Yi. Dia baru berusia 19 tahun. Dia sudah menjadi pemain berperingkat tertinggi ketiga di China di belakang Ratu Bulu Tangkis Chen Yu Fei dan He Bing Jiao. Sosok wang Zhi Yi akan mengguncang bulu tangkis putri dunia.

Publik bulu tangkis dunia belum sepenuhnya mendengar tentang Wang Zhi Yi sebelum musim ini dimulai - meskipun itu mungkin telah berubah setelah Masters Malaysia dan Masters Indonesia selama dua minggu terakhir. Dalam waktu dua minggu, Wang mengumumkan kedatangannya tanpa syarat yang tidak pasti.


Gaya paling mencolok Wang adanya kemiripan dengan Chen Yu Fei. Aksinya paling berkesan ketika dia mengejutkan pemain No-1 Thailand, Ratchanok Intanon dalam perjalanannya ke perempat final Malaysia Masters yang merupakan Turnamen BWF World Tour Super 500 pertamanya (kebetulan, dia kalah dari Chen Yu Fei).

Minggu berikutnya di Indonesia Master, dua tunggal putri Jepang, Akane Yamaguchi dan Sayaka Takahashi menjadi korban sabetan Wang. Sayang, Wang gagal ke final setelah kali ini takluk kepada Intanon yang akhirnya menjadi juara. "Dia bermain seperti Chen Yu Fei," kata Intanon. "Dia cukup tangguh,"pujinya.

Itu adalah pendapat yang sebelumnya disuarakan oleh Akane Yamaguchi, yang memuji pukulan dan ketangguhan Wang dalam aksi di lapangan.


Siapa Wang? Dia berasal dari Hubei, dari keluarga tanpa latar belakang dalam olahraga kompetitif. Dia mengambil bulu tangkis sebagai cara untuk menjadi bugar, dan memutuskan untuk menjadi serius ketika orang-orang mulai memperhatikan permainannya.

Wang mengatakan dia tidak mengidolakan atau menyalin pemain mana pun: ’’Saya tidak menganggap Chen Yu Fei sebagai panutan. Gaya permainan kami mungkin memiliki beberapa kesamaan tetapi masing-masing dari kita memiliki gaya kita sendiri, ”kata Wang.

’’Saya tidak punya pemain favorit. Semua senior saya memiliki spesialisasi yang berbeda, saya mencoba yang terbaik untuk mempelajari aspek-aspek terbaik dari permainan dari mereka semua."

Wang telah membuat namanya di tingkat junior selama Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis Beregu Campuran Junior pada tahun 2018. Dia memimpin China menuju gelar dengan tiga kemenangan di bawah tekanan. Pelatih kepala junior Wang Wei saat itu memujinya sebagai pemain "luar biasa".
Inilah Sosok Wang Zhi Yi Pengguncang Bulu Tangkis Dunia

Wang Zhi Yi mengalahkan sejumlah pemain top dunia tahun lalu yang membuat peringkatnya meroket.

Setelah menyeberang ke sirkuit senior tahun lalu, penampilannya konsisten. Dia memenangkan enam gelar dari Austria Open, US Open, Belarus International, Yuzu Indonesia Masters, Dutch Open, dan Malaysia International Challenge. Sejumlah pemain top dunia menjadi korban selama musim itu termasuk Saina Nehwal dan Sung Ji Hyun.

’’Semuanya baik bagi saya di tingkat junior. Pindah ke tingkat senior, lebih sulit dan saya merasakan tekanan dan saya harus bekerja keras. Saya masih belum terkenal, tetapi saya berusaha mencapainya,"bebernya.

Setelah menikmati awal yang sukses di sirkuit senior, Wang sadar akan kebutuhan untuk berevolusi. ’’Saya perlu mengambil dan meningkatkan kinerja saya secara keseluruhan. Ini adalah kesempatan dan platform bagi saya untuk meningkat karena saya membutuhkan pengalaman bermain dengan pemain yang lebih baik."

Kesuksesannya saat menjalani Tur Dunia adalah bukti, membuat peringkatnya masuk 17 dunia di usia 19 tahun. Dia akan terus berkembang seiring dengan kedewasaannya sebelum memasuki usia emas.

“Saya baru saja mulai memainkan turnamen besar ini, saya rasakan tekanan karena ini semua adalah pemain hebat, tetapi sebenarnya itu adalah hal yang positif. Dengan begitu, ini bukan tentang catatan pribadi kita tetapi tentang bermain bulu tangkis yang baik. Jadi saya hanya fokus pada diri saya sendiri, dan lawan saya tidak tahu banyak tentang permainan atau spesialisasi saya, jadi saya punya keuntungan.

"Saya tak sabar untuk bermain dengan semua pemain top ini. Tidak masalah jika saya menang atau kalah. Saya hanya ingin memberikan yang terbaik ketika saya berada di lapangan. "