Seri Baru Huawei P40 dan P40 Pro, Ini Bocorannya


Informasi mengenai smartphone baru seri Huawei P40 terus seliweran sejak Desember lalu. Berdasarkan bocoran terbaru, ponsel pintar itu akan hadir dalam lima varian warna dan bodi dari keramik.

Bocoran tersebut berasal dari laman 91mobiles, yang disebut Tech Radar sejauh ini memiliki rekam jejak baik dalam mengungkap produk sebelum rilis resmi. Menurut gambar di 91mobiles, Huawei P40 dan Huawei P40 Pro akan dirilis dengan warna standar hitam, sapuan emas, perak embun beku, biru laut dalam, dan putih es.

Baik pada P40 dan P40 Pro memiliki kamera depan dengan lubang-lonjong di bagian layar ponsel. Sementara kamera belakang lebih ditingkatkan dari generasi sebelumnya--Huawei P30--menjadi empat lensa yang ditempatkan di kiri atas bagian belakang.

Dari apa yang terdengar sejauh ini, Huawei P40 akan dirilis sekitar Maret 2020. Diotaki chipset Kirin 990 milik Huawei sendiri (dengan dukungan 5G) dan RAM hingga 12 GB, kapasitas penyimpanan maksimumnya hingga 512 GB.

Sementara mengenai bodi, pembocor ulung Evan Blass menyatakan bahwa Huawei P40 akan menggunakan bahan keramik dalam pembuatannya. Mengutip laman The Verge, dalam kebocoran sebelumnya, sepertinya kaca depan dan panel belakang akan melengkung di keempat ujungnya.

Perbedaan utama antara P40 dan P40 Pro, selain dari susunan kamera belakang, adalah ukuran layar. P40 standar diperkirakan memiliki layar 6,1 inci atau 6,2 inci, sedangkan pada P40 Pro bisa melompat hingga maksimal 6,7 inci.

Ponsel Huawei P40 dan Huawei P40 Pro tidak meluncur dengan Google Play Store atau aplikasi Google apa pun, seperti halnya dengan Seri Mate 30. Namun, itu bisa berubah, dan semua bocoran spesifikasi ini tidak resmi untuk saat ini.

Huawei sendiri hanya mengatakan sejak Desember lalu bahwa mereka menjanjikan desain yang belum pernah terlihat sebelumnya. Selain, seperti produsen lainnya, mengklaim kemajuan dalam kualitas gambar kamera, kinerja chipset dan daya tahan baterai.