Desain Keluar dari Tren, Seperti Ini Prototipe Google Pixel 5 XL


Empat bulan setelah meluncurkan Pixel 4, Google sedang bekerja keras mendesain handphone flagship barunya, Pixel 5. Unit diharapkan untuk debut delapan bulan ke depan, tapi hari ini frontman halaman depan Tech, Jon Prosser, telah mengungkap seperti apa bentuk smartphone Pixel untuk model terbesarnya.

Render di atas diklaim berasal dari sumber yang "sangat andal" dan didasarkan pada file CAD 3D untuk salah satu dari tiga prototipe awal. Google biasanya memiliki beberapa tim yang mengerjakan desain terpisah sebelum memutuskan yang terakhir pada bulan April atau Mei, yang berarti model khusus ini masih ada kemungkinan tidak akan dipakai dalam garis produksi.

Strategi ini adalah praktik umum di antara produsen smartphone. Seperti yang kita lihat pada tahun lalu, di mana leaker, Steve Hemmerstoffer, mengungkap Apple memiliki dua desain iPhone 11 Pro yang sangat berbeda di meja direksi. Sebelum akhirnya mereka puas dengan handphone yang kita kenal sekarang.


Jika Google memilih untuk bergerak maju dengan desain khusus ini, itu akan mewakili perubahan drastis lainnya. Gone adalah modul kamera berbentuk persegi dari seri Google Pixel 4 dan sebagai gantinya kamera benjolan besar yang duduk di tengah telepon dan tampaknya tidak pernah kita lihat sebelumnya.
Desain baru terlihat agak aneh. Lebih halusnya kita bisa dikatakan ini adalah desain di luar tren yang beredar belakangan ini. Desain juga memungkinkan Google untuk memasukkan sensor tambahan, sehingga jumlah total kamera bisa menjadi tiga pada Pixel edisi tahun ini.

Tidak jelas pada tahap ini spesifikasi apa yang Google rencanakan untuk sistem kamera. Tetapi Prosser mengklaim kamera ultra-wide-angle sekarang akan menyertai sensor tele dan sensor primer.


Sayangnya, rendering panel depan smartphone tidak disediakan. Prototipe hanya mencakup bezel besar seperti Google Pixel 4 yang mungkin menggabungkan teknologi Motion Sense dan Face Unlock dari Google dan berkat kemajuan teknologi baru-baru ini, dahi bisa sedikit lebih ramping.

Sama seperti jajaran Samsung Galaxy S20 yang baru-baru ini diumumkan, baik Google Pixel 5 dan Pixel 5 XL diharapkan menampilkan Snapdragon 865 high-end Qualcomm. Jumlah penyimpanan dan RAM yang Google rencanakan untuk ponsel belum dikonfirmasi, tapi minimal memiliki konfigurasi RAM 8/ROM 128 GB.

Sebagai hasil langsung dari penggunaan chipset Snapdragon 865, flagships Google generasi selanjutnya juga akan menampilkan dukungan untuk jaringan 5G. Ini akan berdampak negatif terhadap usia baterai secara signifikan, karenanya kapasitas baterai yang ditanamkan harus lebih besar dari sebelumnya.

Bicara menguras baterai, Samsung dan OnePlus tahun ini beralih ke layar 120Hz. Google sendiri tercatat sebagai salah satu pemimpin dalam hal panel 90Hz. Karena itu, pabrikan diharapkan ikut diharapkan mengikuti jejak para pesaingnya tersebut.